-->

Etika Bergaul di Kantor


Etika adalah suatu kumpulan pengetahuan mengenai penilaian terhadap perbuatan-perbuatan manusia, bagaimana etika dapat dipahami dengan ukuran-ukuran tentang bergaul, bagaimana menyapa, bagaimana berpakaian, bertutur kata, makan bersama, menerima telepon dan lain sebagainya.
Sekarang kita memulai untuk mengetahui sedikit  ringkasan tentang bagaimana Etika di Kantor.
 Masuk Kantor         
Ø  Mengucapkan Salam
Dengan mengucapkan salam yang dilakukan yang memang kelihatan sederhana ini akan menjadi pintu pembuka dalam mengawali interaksi dan komunikasi dengan rekan sekantor, hal ini lebih mudah membuka komunikasi apabila lawan bicara kita menunjukan wajah penuh ceria.
Ø  Menyapa/Ramah
Sapalah terlebih dahulu orang yang Anda jumpai ditempat kerja. Menyapa orang yang pertama kita jumpai di lingkungan kerja seperti Petugas keamanan (Satpam) atau petugas cleaning service menjadikan kita pribadi yang sangat dihargai dan dihormati oleh orang yang lebih rendah jabatannya dari kita. Seorang Pemimpin/Atasan tidak mengurangi wibawanya apabila terlebih dahulu menyapa dan memberi salam kepada bawahannya. Justru seorang Atasan sebaiknya menjadi Role Model bagi bawahannya dalam memberi Salam & Sapa di pagi hari sebelum memulai aktivitas kerja. Sapalah kepada lebih banyak orang yang Anda jumpai sebelum Anda sampai di meja kerja Anda. Niscaya hari itu kerja Anda akan menyenangkan.
Ø  Berniat baik
Ketika melangkahkan kaki menuju kantor hendaknya Anda tanamkan tekad secara bulat bahwa “Saya harus menjadi pribadi yang menyenangkan bagi setiap orang”. Slogan ini atau slogan-slogan lain yang menurut Anda akan memotivasi untuk menjadi pribadi sempurna akan sangat membantu hari-hari selama berada di tempat kerja.  Pentingnya memiliki kalimat motivasi dipagi hari sebelum menuju tempat kerja akan membuat pekerjaan dan lingkungan kerja terasa nyaman betapa berat beban pekerjaan.

Hubungan Dengan Atasan             
Ø  Penuhi tugas dan tanggung jawab kerja
Dalam melaksanakan tugas, jangan sekalipun melimpahkan tugas kepada orang lain selama kita sanggup menyelesaikannya. Setiap pegawai memiliki tugas, tanggung jawab dan job deskripsi masing-masing. Apabila kita ingin mendelegasikan tugas karena suatu hal, pastikan bahwa pendelegasian tersebut tidak mengganggu pekerjaaan yang bersangkutan.



Ø  Tidak Aji Mumpung
Pegawai seringkali memanfaatkan keberadaannya di kantor, misalnya dengan memanfaarkanperalatan kantor seenaknya sendiri atau menyalahgunakan jabatanuntuk kepentingan pribadi. Kita perlu menyadaribahwa apa yang diberikan oleh perusahaan hanya untuk kepentingan perusahaan saja. Alangkah baiknya kita tidak memanfaatkan itu semua untuk hal-hal yang bersifat pribadi. Jabatan yang kita dapatkan juga jangan sampai membuat kita besarkepala dan bertindaksemena-mena.

Ø  Hormati dan berinteraksi dengan atasan
Hormat kepada setiap atasan. Mintalah saran dan petunjuk agar dapat berkomunikasi dengan atasan. Usahakan tidak membuat kecewa atasan. Beri masukan dan saran secara bijak. Jangan spontan menolak perintah atasan. Jangan membuat malu atasan.

Hubungan Dengan Rekan Kerja
Ø  Sopan dengan semua rekan kerja
Bersikap sopan bukan hanya terhadap atasan dan orang-orang penting saja. Menjaga kesopan juga perlu terhadap rekan kerja maupun kepada bawahan, hal ini penting demi kelancaran pekerjaan. Kita harus bisa menghargai dan menghormati keberadaan setiap personil kantordimanapun.

Ø  Hormati pendapat rekan kerja
Kenali perbedaan pendapat seorang rekan kerja dan jangan memaksakan kehendak kepada orang lain. Hormatilah setiap perbedaan yang ada, yang penting perbedaan tersebut tidak mengganggu stabilitas dan hubungan kita dengan rekan kerja.
Ø  Kesopanan menerima telepon
Tentunya untuk berbicara di telepon Anda harus memastikan bahwa suara Anda tak mengganggu orang lain.

Ø  Berikut ini kiat yang sederhana agar kita dihormati oleh teman sekerja :
1.      Jadikanlah teman sekerja sebagai mitra kerja, tetapi jangan mengangap teman kerja sebagai pesaing 
  1. Tumbuhkan rasa saling membantu satu sama lain 
  2. Ingatkanlah teman sekerja ketika ada sedikit menyimpang 
  3. Biasakan untuk berdiskusi yang bermanfaat 
  4. Jangan menjelekan atau menjatuhkan teman sekerja
  5. Hargai setiap teman sekerja sebagai manusia yang bermartabat.
Ø  Sedangkan hal-hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan teman kerja
  1. Jangan membicarakan kejelekan orang lain/teman kerja
  2. Pada saat berbicara hindari pembicaraan hal yang sensitif
  3. Jangan memotong pembicaraan orang lain 
  4. Jangan monopoli pembicaraan 
  5. Hindari untuk membicarakan diri sendiri
Ø  Tawarkan bantuan kepada rekan kerja
Tidak setiap waktu dan setiap hari beban pekerjaan kita sangat berat. Oleh karenanya di saat luang dan kita tidak terlalu dikejar target waktu pekerjaan tidak ada salahnya Anda menawarkan bantuan kepada rekan kerja untuk membantunya menyelesaikan pekerjaannya, meski dengan mengerjakannya di rumah agar target waktu pekerjaan rekan kerja dapat selesai tepat waktu.

Hubungan Dengan Bawahan
Ø  Tidak Sombong
Rahasia umum, orang sombong yang suka pamer pasti tidak disukai banyak orang. Sebaliknya, mereka yang rendah hati menjadi favorit banyak orang. Karena itu jika anda pernah mendapat kritik tentang betapa sombongnya anda, anda perlu mulai introspeksi diri. Jika tidak adapun yang berkomentar tentang anda, tidak ada salahnya untuk tetap belajar lebih rendah hati baik lewat sikap maupun perkataan.
Ø  Bagaimana memahami etika pergaulan adalah seperti berikut ini diantaranya :
  1. Bersikap sopan santun dan ramah
  2. Penuh perhatian terhadap orang lain (empaty)
  3. Mampu menjaga perasaan orang lain
  4. Berusaha untuk saling membantu bila melihat teman kerja membutuhkan bantuan
  5. Mampu mengendalikan emosi
Ø  Setiap orang punya nama
Kelemahan banyak orang ialah tidak mengingat nama. Untuk hari-hari pertama bekerja, dihalalkan untuk tidak menyebut nama orang karena belum hafal. Tapi jika sudah bekerja minimal beberapa bulan, sebaiknya anda menyapa setiap rekan dengan nama mereka. Memanggil orang dengan nama akan memberi kesan bahwa anda peduli dan identitas orang lain penting untuk anda.

Ø  Memuji
Jangan lupa memberi pujian kepada pekerjaan orang lain. Pastikan anda tidak berlebihan dan pastikan pujian tersebut berasal dari hati anda. Kalau tidak , anda akan terlihat palsu, dibuat-buat, dan malah terkesan sedang menjilat.

Ø  Tidak membedakan
sebagai atasan yang baik sebaiknya tidak membeda-bedakan antara pegawai satu dengan pegawai lainnya.