Etika Bergaul di Kantor
Etika adalah suatu kumpulan
pengetahuan mengenai penilaian terhadap perbuatan-perbuatan manusia, bagaimana
etika dapat dipahami dengan ukuran-ukuran tentang bergaul, bagaimana menyapa,
bagaimana berpakaian, bertutur kata, makan bersama, menerima telepon dan lain
sebagainya.
Sekarang
kita memulai untuk mengetahui sedikit ringkasan tentang bagaimana Etika
di Kantor.
Masuk
Kantor
Ø Mengucapkan Salam
Dengan mengucapkan salam yang
dilakukan yang memang kelihatan sederhana ini akan menjadi pintu pembuka dalam
mengawali interaksi dan komunikasi dengan rekan sekantor, hal ini lebih mudah
membuka komunikasi apabila lawan bicara kita menunjukan wajah penuh ceria.
Ø Menyapa/Ramah
Sapalah terlebih dahulu orang yang Anda jumpai ditempat kerja. Menyapa
orang yang pertama kita jumpai di lingkungan kerja seperti Petugas keamanan
(Satpam) atau petugas cleaning service menjadikan kita pribadi yang sangat
dihargai dan dihormati oleh orang yang lebih rendah jabatannya dari kita.
Seorang Pemimpin/Atasan tidak mengurangi wibawanya apabila terlebih dahulu
menyapa dan memberi salam kepada bawahannya. Justru seorang Atasan sebaiknya
menjadi Role Model bagi bawahannya dalam memberi Salam & Sapa di pagi hari sebelum
memulai aktivitas kerja. Sapalah kepada lebih banyak orang yang Anda jumpai
sebelum Anda sampai di meja kerja Anda. Niscaya hari itu kerja Anda akan
menyenangkan.
Ø Berniat
baik
Ketika melangkahkan kaki menuju kantor hendaknya Anda tanamkan tekad
secara bulat bahwa “Saya harus
menjadi pribadi yang menyenangkan bagi setiap orang”. Slogan ini atau slogan-slogan lain yang menurut Anda akan memotivasi
untuk menjadi pribadi sempurna akan sangat membantu hari-hari selama berada di
tempat kerja. Pentingnya memiliki
kalimat motivasi dipagi hari sebelum menuju tempat kerja akan membuat pekerjaan
dan lingkungan kerja terasa nyaman betapa berat beban pekerjaan.
Hubungan
Dengan Atasan
Ø Penuhi tugas dan tanggung jawab
kerja
Dalam
melaksanakan tugas, jangan sekalipun melimpahkan tugas kepada orang lain selama
kita sanggup menyelesaikannya. Setiap pegawai memiliki tugas, tanggung jawab
dan job deskripsi masing-masing. Apabila kita ingin mendelegasikan tugas karena
suatu hal, pastikan bahwa pendelegasian tersebut tidak mengganggu pekerjaaan
yang bersangkutan.
Ø Tidak Aji Mumpung
Pegawai seringkali memanfaatkan
keberadaannya di kantor, misalnya dengan memanfaarkanperalatan kantor seenaknya
sendiri atau menyalahgunakan jabatanuntuk kepentingan pribadi. Kita perlu
menyadaribahwa apa yang diberikan oleh perusahaan hanya untuk kepentingan
perusahaan saja. Alangkah baiknya kita tidak memanfaatkan itu semua untuk
hal-hal yang bersifat pribadi. Jabatan yang kita dapatkan juga jangan sampai
membuat kita besarkepala dan bertindaksemena-mena.
Ø Hormati dan berinteraksi dengan atasan
Hormat kepada setiap atasan. Mintalah saran dan
petunjuk agar dapat berkomunikasi dengan atasan. Usahakan tidak membuat kecewa
atasan. Beri masukan dan saran secara bijak. Jangan spontan menolak perintah
atasan. Jangan membuat malu atasan.
Hubungan
Dengan Rekan Kerja
Ø Sopan dengan semua rekan kerja
Bersikap
sopan bukan hanya terhadap atasan dan orang-orang penting saja. Menjaga kesopan
juga perlu terhadap rekan kerja maupun kepada bawahan, hal ini penting demi
kelancaran pekerjaan. Kita harus bisa menghargai dan menghormati
keberadaan setiap personil kantordimanapun.
Ø Hormati pendapat rekan kerja
Kenali perbedaan pendapat seorang
rekan kerja dan jangan memaksakan kehendak kepada orang lain. Hormatilah setiap
perbedaan yang ada, yang penting perbedaan tersebut tidak mengganggu stabilitas
dan hubungan kita dengan rekan kerja.
Ø Kesopanan menerima telepon
Tentunya untuk
berbicara di telepon Anda harus memastikan bahwa suara Anda tak mengganggu
orang lain.
Ø Berikut ini kiat yang sederhana agar
kita dihormati oleh teman sekerja :
1.
Jadikanlah
teman sekerja sebagai mitra kerja, tetapi jangan mengangap teman kerja sebagai
pesaing
- Tumbuhkan rasa saling membantu
satu sama lain
- Ingatkanlah teman sekerja
ketika ada sedikit menyimpang
- Biasakan untuk berdiskusi yang
bermanfaat
- Jangan menjelekan atau
menjatuhkan teman sekerja
- Hargai setiap teman sekerja
sebagai manusia yang bermartabat.
Ø Sedangkan hal-hal yang harus
dihindari ketika berbicara dengan teman kerja
- Jangan membicarakan kejelekan
orang lain/teman kerja
- Pada saat berbicara hindari
pembicaraan hal yang sensitif
- Jangan memotong pembicaraan
orang lain
- Jangan monopoli
pembicaraan
- Hindari untuk membicarakan diri
sendiri
Ø Tawarkan bantuan kepada rekan kerja
Tidak setiap waktu dan setiap hari beban pekerjaan kita sangat berat.
Oleh karenanya di saat luang dan kita tidak terlalu dikejar target waktu
pekerjaan tidak ada salahnya Anda menawarkan bantuan kepada rekan kerja untuk
membantunya menyelesaikan pekerjaannya, meski dengan mengerjakannya di rumah
agar target waktu pekerjaan rekan kerja dapat selesai tepat waktu.
Hubungan
Dengan Bawahan
Ø Tidak
Sombong
Rahasia
umum, orang sombong yang suka pamer pasti tidak disukai banyak orang.
Sebaliknya, mereka yang rendah hati menjadi favorit banyak orang. Karena itu
jika anda pernah mendapat kritik tentang betapa sombongnya anda, anda perlu
mulai introspeksi diri. Jika tidak adapun yang berkomentar tentang anda, tidak
ada salahnya untuk tetap belajar lebih rendah hati baik lewat sikap maupun
perkataan.
Ø Bagaimana memahami etika pergaulan
adalah seperti berikut ini diantaranya :
- Bersikap sopan santun dan ramah
- Penuh perhatian terhadap orang
lain (empaty)
- Mampu menjaga perasaan orang
lain
- Berusaha untuk saling membantu
bila melihat teman kerja membutuhkan bantuan
- Mampu mengendalikan emosi
Ø Setiap
orang punya nama
Kelemahan banyak orang ialah tidak mengingat nama.
Untuk hari-hari pertama bekerja, dihalalkan untuk tidak menyebut nama orang
karena belum hafal. Tapi jika sudah bekerja minimal beberapa bulan, sebaiknya
anda menyapa setiap rekan dengan nama mereka. Memanggil orang dengan nama akan
memberi kesan bahwa anda peduli dan identitas orang lain penting untuk anda.
Ø Memuji
Jangan lupa memberi pujian kepada pekerjaan orang
lain. Pastikan anda tidak berlebihan dan pastikan pujian tersebut berasal dari
hati anda. Kalau tidak , anda akan terlihat palsu, dibuat-buat, dan malah
terkesan sedang menjilat.
Ø Tidak membedakan
sebagai atasan yang baik sebaiknya tidak membeda-bedakan antara
pegawai satu dengan pegawai lainnya.
Posting Komentar