-->

Pengertian Etos Kerja dan Contohnya



Etos kerja berasal dari bahasa Yunani (etos) yang memberikan arti sikap kepribadian, watak, karakter, serta keyakinan atas sesuatu. Sikap ini tidak saja dimilki oleh individu, tetapi juga oleh kelompok bahkan masyarakat. Dalam kamus besar bahasa Indonesia etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi motivasi dan keyakinan seseorang atau sesuatu kelompok dalam suatu lingkungan kerja.
Contoh etos kerja antara lain :
  1. Proaktif
  2. Inisiatif
  3. kreatifitas
  4. Bekerja dengan sepenuh hati
  5. Tanggung Jawab
  6. Bekerja sampai tuntas
  7. Bekerja dengan kelompok
  8. Bekerja dengan jujur
  9. Bekerja dengan ikhlas.

Penerapan Etos Kerja
Penerapan etos kerja dalam suatu lingkungan sangat di perlukan agar tercipta produktifitas kerja yang tinggi dan kenyamanan dalam bekerja.
Saya bekerja di PT. Astra bagian administrasi, saya tidak malu mengerjakan pekerjaan ini selama pekerjaan ini baik dan halal. Setiap hari saya selalu berusaha untuk datang dan pulang kerja tepat waktu sesuai dengan jam yang di tetapkan oleh perusahaan.

Ketika bekerja saya berusaha mengerjakan tugas-tugas pekerjaan yang di berikan oleh perusahaan sesuai dengan waktu yang di tentukan, tidak bermalas-malasan dalam bekerja, mengikuti peraturan-peraturan yang di tetapkan oleh perusahaan, bertanggung jawab secara penuh terhadap pekerjaan yang di berikan oleh atasan, menghormati dan menghargai sesama rekan kerja, kreatif dalam menyelesaikan suatu masalan atau kendala yang di temui dalam pekerjaan tertentu, selalu mengkomunikasikan baik dengan atasan atau sesama rekan kerja agar pekerjaan kita berjalan dengan lancar, mampu bekerja dalam satu tim untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, selalu menerapkan nilai-nilai kejujuran dalam bekerja.